WASHINGTON (Arrahmah.com) – Utusan khusus AS, Richard Holbrooke, mengatakan dalam sebuah wawancara dengan Financial times bahwa ia ragu apakah Pakistan benar-benar melawan mujahidin di Afghanistan.

Komentar ini diungkapkan Holbrooke sehubungan dengan isu penangkapan komandan mujahidin Afganistan Mullah Abdul Ghani Baradar.

Dia mengatakan tidak siap untuk menilai apakah hubungan antara Amerika Serikat dan Pakistan telah memburuk setelah penangkapan Baradar.

Holbrooke menolak mengatakan apakah AS semakin memperoleh informasi intelejen yang lebih baik dari interogasi bersama (AS-Pakistan) terhadap Mullah Baradar. Tapi dia mengatakan dia tidak memiliki masalah dengan penolakan Pengadilan Tinggi Lahore atas permintaannya pekan lalu untuk mentransfer Baradar ke Afghanistan.

Mengenai operasi militer di Afghanistan, Holbrooke mengatakan Amerika dan sekutu-sekutunya menghadapi tugas “menakutkan” di Afghanistan dan menurutnya terlalu dini untuk memprediksi bagaimana situasi akan berubah. (althaf/dawn/arrahmah.com)