WASHINGTON (Arrahmah.com) – Asisten Menteri Luar Negeri AS untuk urusan Asia Timur dan Pasifik Kurt Campbell akan mengunjungi Singapura, Malaysia, Laos, Indonesia, Thailand dan Jepang, Departemen Luar Negeri AS mengumumkan pada hari Jumat (5/3).

Campbell akan berangkat terlebih dahulu ke Singapura pada hari Minggu dan mengakhiri ‘tur’-nya di Asia pada 17 Maret mendatang. Memperkuat aliansi dengan Jepang dan mengembangkan kemitraan dengan lima negara anggota ASEAN merupakan agenda utama Campbell.

Sementara itu, Presiden Barack Obama direncanakan akan mengunjungi Indonesia bulan ini dan meluncurkan kemitraan yang komprehensif dengan negara yang penduduk muslimnya paling padat, tempat dia menghabiskan sebagian masa kecilnya.

Menjelang tur, pada hari Rabu Campbell mengatakan menurut hasil sidang yang diselenggarakan oleh Dewan Komite Luar Negeri bahwa kebijakan AS terhadap kawasan Asia-Pasifik adalah untuk memastikan AS bertindak sebagai “kekuatan penduduk setempat”, bukan lagi kekuatan asing.

“Asia-Pasifik merupakan wilayah vital dan penting bagi Amerika Serikat dan jelas bahwa negara-negara di kawasan ini menginginkan Amerika Serikat untuk mempertahankan kehadiran kami. Kebijakan kami akan memastikan bahwa Amerika Serikat bertindak sebagai kekuatan penduduk setempat dan bukan hanya sebagai pengunjung, karena apa yang terjadi di wilayah ini memiliki dampak langsung terhadap keamanan dan kesejahteraan ekonomi kami,” katanya.

Menurut Campbell, tantangan global yang paling signifikan, seperti perubahan iklim, proliferasi senjata pemusnah massal, dan merebaknya kemiskinan akan menjadi “sangat akut” di Asia dalam beberapa dekade mendatang. Dan hal inilah yang mendorong Amerika Serikat harus memainkan peran utama dengan memperkuat dan memperluas aliansinya, membangun kemitraan baru, dan meningkatkan kapasitas organisasi multilateral di kawasan ini. (althaf/xnh/arrahmah.com)