Anggota Kongres AS, Benjamin L. Cardin, Pembela Israel

WASHINGTON (Arrahmah.com) – Anggota Kongres AS mendukung Israel dalam mengajukan keberatan negara Yahudi tersebut atas sebuah artikel yang diterbitkan oleh harian Swedia Aftonbladet mengenai skandal pencurian organ oleh tentara Israel.

Senator AS Ben Cardin, salah seorang anggota Demokrat dari Maryland, yang juga menjabat sebagai kepala Komisi Keamanan dan Kerja Sama Eropa, menuduh harian tersebut menyertakan isu rasisme di balik diterbitkannya artikel yang mengungkapkan kekejaman tentara Israel mencuri organ dari muslim Palestina yang dibunuhnya.

“… Jika pelaku pers itu lalai bertanggung jawab atas apa yang mereka publikasikan, atau malahan meninggikan isu rasisme atau antisemitisme, maka wajib bagi pihak berwenang untuk berbicara dan dengan terang-terangan kebohongan semacam itu,” kutip harian Haaretz dari ucapan Cardin.

Selain itu, langkah lain yang dilakukan pejabat AS untuk membela Israel adalah dengan mengirimkan surat untuk perdana menteri Swedia pada Kamis (3/9) dan mengungkapkan kritiknya dalam menolak tuduhan artikel yang menurutnya bernada anti-semitis.

Artikel yang berjudul “Mereka Rampas organ Anak-Anak Kami”, ditulis oleh seorang wartawan lepas Donald Bostrom, yang ternyata membuat para pejabat Israel gerah dan geram dan segera menyeru Swedia untuk mengutuk laporan tersebut.

Perdana Menteri Swedia Fredrik Reinfeldt, meskipun ada di pihak yang mengutuk isi artikel Bostrom tersebut, menyatakan bahwa kebebasan pers merupakan bagian tak terpisahkan dari ‘demokrasi’ di negaranya. (althaf/hrtz/prtv/arrahmah.com)