Keberadaan Tentara Ethiopia Yang Meresahkan Penduduk Somalia

BALAD WEYN (Arrahmah.com) – Tentara Ethiopia telah membuat basis militernya di sebelah barat kota Balad Weyn, Hiran, kata para saksi mata pada hari Sabtu (29/8).

Para saksi itu melaporkan bahwa tidak sedikit tentara pemerintah Somalia dengan tentara Ethiopia memasuki kota tersebut dari sebelah barat malam-malam dan melakukan operasi pencarian hingga Sabtu (29/8) pagi. Dan akhirnya mereka pun memiliki basis militer di Balad Weyn.

Penduduk setempat mengatakan bahwa tentara pemerintah merampas harta, barang-barang yang mereka miliki.

Selain itu, kedua pihak militer yang saling bersekutu itu pun melakukan pembunuhan terhadap dua orang warga dan tidak jarang melakukan penembakan tiba-tiba di kota tersebut. Salah seorang pejabat perguruan tinggi di kota tersebut melaporkan bahwa komputer dan uang yang dimiliki oleh universitas tak luput digasak para tentara boneka.

Sejauh ini belum ada keterangan dari pihak pemerintah mengenai operasi brutal yang dilakukan oleh kedua tentara, Ethiopia maupun tentara boneka pemerintah Somalia, yang telah meresahkan penduduk di kota Balad Weyn. (althaf/shabele/arrahmah.com)