Saefuddin Pernah Dakwah Soal Jihad Bunuh Diri

DEPOK (Arrahmah.com) – Sahabat Saefuddin Jaelani, Citra Raharja, menceritakan banyak hal mengenai masa lalu serta perjalanan tersangka ‘teroris’ yang diduga merekrut dua eksekutor pengeboman dua hotel di Mega Kuningan, Jakarta Selatan.

Citra mengenal Syaefudin kerap menyampaikan dakwah kepada jamaahnya.

Isi ceramah Syaefudin, kata Citra, pernah berisi tentang konsep jihad yang menceritakan konsep bunuh diri dan mati syahid. “Saya pernah juga diajarin aliran itu, tapi saya gak mau. Saya juga tak terlalu ngerti tentang konsepnya, cuma pernah sampaikan konsep jihad pada saat ceramah,” ungkapnya di Jalan Giring-Giring 2, RT 009/ 013, Mekarjaya, Sukmajaya, Depok.

Terkait rencana pengeboman, Citra mengaku tak pernah mendengar rencana yang akan dilakukan oleh Saefuddin. “Dia sih gak pernah cerita soal bom, dia juga gak pernah nyinggung soal Amerika, kadang ceramah pakai tema yang sedang ada momennya seperti maulid, atau puasa,” terangnya.

Citra juga sering diajak berkeliling Indonesia seperti Yogyakarta dan Bandung, bahkan Saefuddin sering menginap di rumahnya.

Saefuddin Jaelani pernah tinggal di Depok selama 17 tahun bersama orangtuanya, kemudian pindah pada 1996 ke daerah Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Saefuddin merupakan saudara kandung buronan yang diduga terlibat pengeboman Hotel JW Marriot dan Rittz Carlton, yaitu Muhammad Syahrir. Dia juga ipar dari Ibrohim, penata bunga Hotel Ritz Carlton yang tewas dalam penggerebekan Densus 88 di Temanggung, Jawa Tengah, 8 Agustus lalu. (okz/arrahmah.com)

Iklan