Proposal Kerjasama Ramadhan 1430 HPendahuluan

Dunia kaum Muslimin terus bergejolak. Perjuangan Dakwah dan Jihad di berbagai negeri seperti Palestina, Afganistan, Iraq, Sudan, Kashmir, Chechnya, Pattani, dan Moro serta negeri-negeri kaum Muslimin lainnya seakan tak pernah berhenti. Tetapi tidak semua kaum Muslimin di belahan dunia lain – yang relatif aman – memahami latar belakang perjuangan saudara-saudara mereka di negeri-negeri tersebut. Berita-berita yang dihadirkan seringkali bias dan bersumber dari satu arah, yaitu dari kantor-kantor berita asing yang cenderung tidak memihak dan bahkan zalim terhadap fakta-fakta yang terjadi di dunia kaum Muslimin.

Arrahmah Media sebagai institusi yang melahirkan banyak karya mengenai dunia kaum Muslimin yang terwujud dalam situs berita Arrahmah.com, film-film dokumentari A Moslem Muwahhid Film, majalah JihadMagz dan buku-buku biografi tokoh-tokoh dakwah dan Mujahid terkemuka di dunia kaum Muslimin saat ini, menawarkan informasi dari sudut pandang kaum Muslimin dan kebenaran faktual yang sering diabaikan oleh media massa konvensional lainnya.

Karena itu, menyambut bulan Ramadhan 1430 H yang penuh maghfirah, kami dari pihak Arrahmah Media bermaksud menjalin silaturrahmi dengan berbagai kalangan, terutama Masjid dan Kampus agar dapat bekerja sama menyiarkan perkembangan dunia kaum Muslimin saat ini sehingga dapat mengurangi kesalahpahaman yang terjadi akibat kurangnya informasi yang shohih, serta membangun semangat Ukhuwah Islamiyyah demi Izzul Islam wal Muslimin.

Dasar Pemikiran

“Hai orang-orang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa.”

(QS.  Al Baqarah : 183)

Hai orang-orang yang beriman, maukah kalian Aku tunjukkan suatu perniagaan yang dapat menyelamatkanmu dari azab yang pedih ? (yaitu) kamu beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwa. Itulah yang lebih baik bagi kamu, jika kamu mengetahuinya. Niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosamu dan memasukkan kamu ke dalam Jannah (surga) yang di dalamnya mengalir sungai-sungai. Itulah keberuntungan yang besar.”

(QS. Ash Shaff : 10-13)

“Wahai orang-orang yang beriman! Jika seseorang yang fasik datang kepadamu membawa suatu berita, maka telitilah kebenarannya, agar kamu tidak mencelakakan suatu kaum karena kebodohan (kecerobohan) yang akhirnya kamu menyesali perbuatanmu itu.”

(QS. Al Hujurat : 6)

Tema dan Agenda Kegiatan

Tema yang  digagas adalah berkaitan dengan upaya membuka wawasan dan kesadaran kaum Muslimin terhadap perkembangan dunia Islam di berbagai belahan dunia saat ini. Adapun tema tersebut bertajuk :

The Muslim World : A Journey

Tema ini dibungkus dalam berbagai bentuk agenda kegiatan selama bulan Ramadhan 1430 H yang meliputi pemutaran film, bedah buku, baazar dan talk show,serta Workshop yang diselenggarakan oleh panitia acara dari kalangan remaja Masjid dan Kampus, dan bekerjasama dengan Ar Rahmah Media sebagai Supporting Acara.

Bentuk Kerjasama

Arrahmah Media menawarkan beberapa bentuk kerjasama yang dapat dilakukan, antara lain :

1. Pemutaran Film

Pihak Arrahmah Media menyiapkan film-film yang diproduksi A Moslem Muwahhid Film, dan narasumber yang membahas isi dan tema film yang diputar. Sedangkan panitia acara menyediakan tempat dan sarana pemutaran film, seperti LCD dan Screen.

2. Bedah Buku dan Baazar

Buku-buku yang bernuansa dakwah, Jihad dan biografi tokoh-tokoh Mujahid di berbagai belahan dunia Islam akan memperkaya wawasan kaum Muslimin dan meningkatkan semangat ukhuwah Islamiyyah. Arrahmah Media menyediakan alternatif bacaan yang layak untuk dibedah dan dikaji, serta narasumber yang kompeten untuk membahasnya. Selain itu memberi diskon khusus bagi panitia yang akan menyelenggarakan baazar buku-buku dan VCD produksi Arrahmah Media.

3. Talk Show

Dunia Dakwah dan Jihad yang marak di berbagai belahan dunia Islam melawan kezaliman atas kaum Muslimin seringkali distigmatisasi dengan “Terorisme”. Lalu bagaimana sesungguhnya kita sebagai kaum Muslimin memandang dan menyikapi hal tersebut. Arrahmah Media menawarkan program Talk Show membahas hakekat Dakwah dan Jihad, serta kaitannya dengan membangun masyarakat Islam yang menebarkan rahmat bagi semesta alam. Dengan nara sumber yang kompeten yang disediakan Arrahmah Media, insya Allah  kita  akan mendapat gambaran indah tentang dakwah dan jihad yang menjadi bagian dari kewajiban kita sebagai kaum Muslimin.

4. Work Shop Media

Saat ini adalah era informasi dan komunikasi. Kehadiran internet mempercepat sampainya informasi dari seluruh belahan dunia, baik yang positif maupun negatif. Ar Rahmah Media menawarkan paket work shop media berupa pelatihan langsung dan pemberian wawasan seputar media, khususnya media Islam. Pelatihan atau work shop meliputi materi-materi pembuatan situs atau blog (wordpress, blogspot), wawasan dunia internet, khususnya cyber jihad, pelatihan penulisan, dan wawasan tentang profil situs Arrahmah.com.

Penutup

Demikian Proposal kerjasama kegiatan Ramadhan ini  kami susun dengan harapan dapat membuka peluang bekerjasama yang saling sinergis dan bermanfaat di antara kita sesama kaum Muslimin, sekaligus sebagai bentuk amaliah positif dalam mengisi hari-hari sepanjang bulan Ramadhan yang penuh barokah. Insya Allah.

Semoga Allah SWT meridhai apa yang telah dan akan kita lakukan sehingga kelak bisa menjadi amal soleh di sisi Allah SWT. Amien Ya Robbal Alamien.

Bintaro, 10 Agustus 2009

Div. Humas Ar Rahmah Media

(Furqon al-Faruq)

Cp. 021-68841087

Iklan